Connectivity Devices



Terdapat berbagai device atau alat yang berkaitan dengan connectivitas yang digunakan dalam sebuah jaringan. Alat-alat ini berfungsi sebagai penyambung atau perantara di antara dua buah atau lebih sistem jaringan. Alat2 tersebut antara lain bridge, router dan brouter. Secara umumnya fungsi connectivity device ini boleh digariskan seperti berikut:

  • Traffic control (menjaga aliran data antara segmen-segmen dalam sebuah jaringan untuk menjamin ketelitian jaringan)
  • Connectivity (jaringan yang mempunyai perbedaan dalam protokol jaringan seperti Netware yang berdasarkan IPX/SPX dengan internet/TCP, alat ini menjadi penerjemah antar protokol supaya kedua protokol ini dapat berkomunikasi)
  • Hierachical addressing (penggunaan alat ini membolehkan komunikasi di antara segmen-segmen jaringan yang berlainan subnet atau logical address, berlaku secara berhiraki dan sistematik. Alat ini menjadi boundary device kepada dua segmen yang berlainan IP scheme untuk berkomunikasi)
  • Signal regeneration (untuk jaringan yang besar dan melibatkan jaringan yang rumit dan panjang, alat connectivias ini dapat mebantu meningkatkan atau menjaga digital signal yang lemah untuk diteruskan ke suatu jaringan yang jauh)
  • Network security (bekerjasama dengan firewall yang berfungsi sebagai packet filter untuk menyaring komunikasi dari IP address yang tidak berkepentingan melalui sesuatu segmen)
Terdapat berbagai connectivity devices yang digunakan untuk tujuan ini.

Bridges
bridge.jpg

Bridge adalah sejenis alat yang berfungsi untuk menyaring dan menghantar packet data mengikut physical address sebuah host. Ia beropreasi pada tingkat data link layer berdasarkan alamat fisikal host yang terdapat dalam routing table yang telah dimasukkan di dalamnya.

Apabila data dihantar dari sebuah host dalam sesuatu segmen jaringan, bridge akan memeriksa alamat fisikal tujuan data yang dialamatkan itu dengan perintah yang ada pada routing tablenya. Seandainya alamat tujuan data berada diluar segmen asal, maka data akan dikirim ke luar dari segmen itu melalui bridge. Seandainya tujuan data yang dialamatkan itu terletak dalam segmen yang sama, maka bridge tidak akan respon dengan request dan membiarkan data tersebut mengalir dalam segmennya sehingga ia menemui host destinasinya sendiri.

Dengan demikian, bridge dapat menghindari berlakunya transmisi data yang tidak perlu dan menjamin ketelitian penghantaran dan penyaringan trafik dalam jaringan ke luar.

Bridge biasanya digunakan dalam sistem jaringan yang kecil serta tidak kompleks karena kurang handal untuk membuat translasi protokol yang berlainan dan IP routing yang besar seperti internet.

Routers



router.png
Router adalah alat penyaring trafik berdasarkan logical address. Ia beroperasi pada tingkat internet layer berdasarkan perintah pada IP address internet layer data header. Ia lebih handal dibanding bridge karena menggantikan network access header pada data yang dihantar dan kemampuan untuk berkomunikasi antara dua buah protokol sistem yang berlainan.
linksys-wrt100-rangeplus-router1.jpg
Router juga berupaya menyimpan perintah terperinci berkaitan routing seperti path, distance, bandwith dan travel time dalam routing information nya. Perintah ini dapat membantu router untuk membuat pilihan terbaik untuk menghantar packet data menuju destinasi-nya dengan cepat dan teliti.

Wireless Router





Brouters


Brouters adalah sejenis connectivity device yang mempunyai ciri-ciri gabungan antara bridge dan router. Keperluan terhadap brouter disebabkan adanya protokol yang tidak boleh melepaskan fungsi router (routable) tetapi boleh melepaskan fungsi bridge dalam sistem jaringan. Microsoft NetBeui adalah contoh protokol yang tidak routable yang digunakan dalam sistem LAN. Oleh karena itu dalam sebuah sistem jaringan yang menempatkan berbagai bentuk dan jenis-jenis protokol di dalamnya, brouter adalah pilihan terbaik untuk mengijinkan semua protokol dapat berkomunikasi dengan lancar.

Konsep Routing
Dasar2 yang perlu difahami dalam konteks routing ini adalah IP address sebuah host itu terletak pada network adapternya, bukan host itu sendiri. Maksudnya sebuah host itu boleh mempunyai lebih dari satu IP address berdasarkan jumlah network interface adapter (NIC) yang dipasang.

Multihomed PC atau komputer yang dilengkapi dengan lebih dari satu NIC diprogram untuk bertindak sebagai router ataupun firewall untuk dua atau lebih segmen yang berlainan IP address-nya dalam berkomunikasi. Melalui firewall dan konfigurasi tertentu, multihomed pc ini boleh menjalankan kerja translasi address dan policy enforcement untuk keamanan trafik dalam sebuah jaringan.

Routing Steps.

Cara kerjanya kira2 seperti dibawah ini :
  • Router menerima data yang dihantar oleh sebuah host ke host yang yang lain dalam sebuah jaringan.
  • Router akan mengantar data hingga ke tingkat internet layer dengan tidak mengindahkan perintah network access layer header dan kalau perlu ia akan membuat kembali perintah sendiri. Ini tergantung pada sinkronisasi protokol antara dua buah host yang sedang berkomunikasi itu.
  • Router akan memeriksa alamat tujuan data yang dihantar berdasarkan IP data header dengan membandingkannya dengan perintah routing yang telah disimpan di memorinya. Kalau alamat tujuan atau IP address host yang di alamatkan itu terletak dalam segmen yang sama dengan host asal, router akan membiarkan data tersebut mengalir dalam segmennya sehingga menemui host tujuan tanpa perlu keluar dari LAN.Kalau alamat tujuan terletak di luar segmen host asal, router akan membuat analisis tentang bagaimana data yang bersangkutan dihantar dan arus terbaik yang perlu dilakukan data yang bersangkutan untuk mencapai host tujuan. Setelah pasti, router akan bertindak menghantar data ke tingkat firewall network access layer yang menjadi tujuan transmisi.
Modem
adalah alat komunikasi dua arah antara komputer yang berupa sinyal digital dengan media telekomunikasi (seperti telepon & radio) yang berupa sinyal analog, dan sebaliknya. Bagian modem antara lain Modulator yaitu bagian pengubah sinyal informasi ke sinyal carier yang siap untuk dikirimkan & Demodulator yaitu bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data/ pesan) dari sinyal carier sehingga informasi dapat diterima dengan baik.

Dua jenis modem secara fisik:
  • modem internal : kecepatan terbatas
  • modem external : kecepatan dapat bertambah dan dicocokkan sesuai kebutuhan

Hub
hub.jpg

adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peralatan-peralatan dengan ethernet 10BaseT atau serat optik sehingga menjadikannya dalam satu segmen jaringan. Hub bekerja pada lapisan fisik (layer 1) pada model OSI.

Jumlah port minimal adalah 8 dan bertambah sesuai kelipatannya yaitu 16, 32 dst.

Switch
netgear_gs748ts_48_port_gigabit_network_switch.gif
adalah sebuah alat yang menyaring/ filter dan mengijinkan lewat/ melewatkan paket yang ada di sebuah LAN. Switch bekerja pada layer OSI lapisan ke 2 yaitu Data Link, terkadang bkerja juga ada layer ke 3 OSI yaitu Network, sehingga dapat bekerja untuk paket protokol apapun.
Fungsi HUB dan Switch adalah sama. Sekarang HUB sudah banyak ditinggalkan dan diganti dengan Switch. Alasan penggantian ini biasanya karena HUB mmepunyai kecepatan transfer yang lebih lambat dari switch yang saat ini dikembangkan sampai kecepatan 1 GBps.

Access Point - Wireless Adapter
adalah sebuah alat yang menyaring/ filter dan mengijinkan lewat/ melewatkan paket yang ada di sebuah jaringan tanpa kabel. Fungsinya sama persis dengan HUB/ Switch.

Kabel (baca selengkapnya di Kabel Jaringan)
Connector (baca selengkapnya di Kabel Jaringan)
Ethernet Card/ NIC 

d-link-dge-530t.jpg
b1014697322-300x300.jpg

adalah sebuah kartu jaringan yang berfungsi sebagai jembatan komputer ke sebuah jaringan komputer.




Wi-fi PCI Cardpci-wifi.jpg



berfungsi sebagai jembatan komputer ke sebuah jaringan komputer tanpa kabel. Alat ini berbentuk seperti kartu-kartu interface lainnya yang dipasang pada slot PCI di dalam CPU.


USB Dongle/ USB Wireless LAN Adapter
usb-wifi.jpg
berfungsi sebagai jembatan komputer ke sebuah jaringan komputer tanpa kabel. Alat ini berbentuk seperti flashdisk. Ada juga yang disertai dengan antena, ada juga yang tidak.Biasanya digunakan pada PC desktop yang memang awal pembuatan tidak mendukung Wi-Fi. Tapi dengan USB dongle atau USB Wi-Fi maka komputer Anda dapat dengan mudah menangkap sinyal wifi.


Wi-fi PCMCIA
laptop-wifi.jpg
berfungsi sebagai jembatan komputer ke sebuah jaringan komputer tanpa kabel. Alat ini berbentuk seperti seperti MMC tapi lebih lebar dan dimasukkan pada sisi samping laptop/ notebook.

0 Response to "Connectivity Devices"

Posting Komentar

Powered by Blogger