Dasar-dasar Pemrosesan Komputer



a.  Arsitektur Komputer *

-      Peralatan Input
 
Keyboard
Keyboard atau papan ketik, merupakan perangkat yang sering dipergunakan didalam kegiatan sehari-hari. Karakteristik dan susunan papan ketik hampir sama dengan mesin ketik manual seperti susunan huruf QWERTY tetapi terdapat beberapa tambahan-tambahan fungsi lainnya seperti tombol Esc, F1,…,F12, Enter/Return, Ctrl, Alt, Del/Delete dan Insert.
Ada empat bagian pada keyboard yaitu typing key, function key, cursor key, dan numerical key (keypad). Typing key berfungsi untuk mengetikkan teks atau huruf seperti layaknya mesin ketik manual. Funtion key merupakan tombol-tombol fungsi yang memiliki fungsi tertentu sesuai dengan perintah yang dijalankan. Function key ditandai dari F1,F2 sampai dengan F12. Cursor key digunakan untuk menggerakkan kursor. Numerical key atau juga dissebut keypad merupakan tombol-tombol angka yang susunan dan fungsinya seperti tombol pada kalkulator, biasanya juga disebut tombol kalkulator.
Beberapa tombol penting pada keyboard antara lain :
Ø Enter untuk mengeksekusi perintah, mengakhiri pengetikan dan pindah ke baris berikutnya.
Ø ESC tombol untuk membatalkan perintah.
Ø Backspace tombol untuk menghapus karakter / huruf di sebelah kiri kursor.
Ø Del/Delete tombol untuk menghapus karakter / huruf pada posisi kursor.
Ø Ctrl dan Alt tombol yang bila ditekan bersama tombol lain akan memiliki fungsi tertentu.
Ø Shift digunakan dengan tombol lain untuk mengetikkan karakter symbol yang ada di tombol dan untuk menghasilkan huruf capital.
Ø Capslock tombol mode untuk huruf capital.
Ø Tab tombol untuk memindah kursor ke tanda tab (tabulasi).

b.   Mouse
Mouse adalah alat yang digunakan untuk menggerakkan penunujuk (pointer atau kursor) dengan cepat. Pemakaian mouse merupakan bagian penting dari Sistem Operasi yang menggunakan tampilan Grafik. Pada saat bekerja, penggunaan mouse sering dipergunakan dengan istilah Pointer (Penunjuk) berfungsi untuk memindahkan dan mengarahkan penunjuk mouse pada desktop (ruang kerja) Sistem operasi. Jika posisi mouse digeser, secara otomatis penunjuk (pointer) yang ada ditampilan layar monitor akan bergeser sesuai dengan gerakan mouse.
Mouse terdiri dari beberapa jenis seperti :
· Dual button, mouse yang terdiri dari dua tombol yaitu tombol kanan dan tombol kiri.
· Three button, mouse yang terdiri dari tiga tombol yaitu kanan tengah dan kiri.
· Scroll Button, mouse yang terdiri dari dua tombol ditambah dengan scroll yang berfungsi untuk menggulung dengan cepat.
Pada sebagian besar mouse terdapat tiga tombol, tetapi umumnya hanya dua tombol yang berfungsi, yaitu tombol paling kiri dan yang paling kanan. Pengaruh dari penekanan tombol atau yang di kenal dengan istilah “Click” ini tergantung pada obyek (daerah) yang kita tunjuk. Komputer akan mengabaikan penekanan tombol (click) bila tidak mengenai area atau obyek yang tidak penting.
Berdasarkan cara kerja untuk menggerakkan kursor,
ada empat macam jenis mouse yaitu :
· Mechanical (Wheel) mouse, yaitu mouse dapat bergerak ke segala arah berdasarkan pergerakan bola kecil yang ada di dalam mouse.
· Optical mouse, yaitu mouse dengan menggunakan sensor optic.
· Laser mouse, yaitu mouse dengan teknologi laser.
· Wireless mouse, yaitu mouse tanpa kabel. Mouse ini menggunakan infra merah, gelombang radio atau Bluetooth untuk medeteksi gerakan mouse.
c.   Scanner
Scanner merupakan peripheral komputer yang berguna untuk memindai (men-scan) gambar atau dokumen dalam bentuk teks di atas kertas ke dalam dokumen komputer atau file komputer. Berdasarkan cara penggunaannya, secara garis besar scanner terbagi atas 2 (dua) jenis, yaitu :
 
1. Hand-held Scanner, yaitu scanner yang pemakaiannya menggunakan tangan untuk menscan objek dan banyak digunakan oleh super market untuk menscan harga barang atau barcode.
2. Plat Bed Scanner, yaitu scanner yang penggunaannya dengan cara meletakkan objek yang akan discan diantara lensa dan cover. Jenis scanner ini banyak di pakai di kantor.

d.  Joystick
Joystick merupakan peralatan input tambahan yang digunakan sebagai alat bantu di dalam menjalankan program games. Joystick itu seperti tongkat yang dapat digerakkan ke segala arah sehingga leluasa dalam bermain game.
e.   Microphone
Mic digunakan untuk memasukkan input berupa suara. Penggunaan mic memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input suara, yaitu soundcard. Peralatan ini biasanya sudah ada menyatu dengan mainboardnya, dan speaker yang digunakan untuk mendengarkan rekaman suara.
  -      Peralatan Output
Peralatan Output atau peralatan keluaran yaitu peralatan yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar. Beberapa peralatan output.yang umum digunakan antara lain:
a.  Monitor
Monitor merupakan peralatan keluaran yang berfungsi untuk menampilkan data, instruksi dan informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar di layar monitor.
Monitor dikelompokan berdasarkan teknologinya yaitu:
1.   Monitor CRT (Cathode Ray Tuble)
2.   Monitor Flat Panel Display monitor ini menggunakan teknologi LCD
3.   Monitor LCD (Liquid Crystal Display).
Berdasarkan tampilan komputer terbagi atas 3 jenis yaitu:
1.   Monocrom (Satu warna dengan latar belakang hitam)
2.   Grayscale (Bayangan abu-abu latar belakang putih)
3.   Color ( Warna secara penuh mulai dari 15 – 16 juta warna yang berbeda)
Beberapa merek monitor antara lain: Sony, LG, Philip dll
b.  Printer
Printer yaitu peralatan keluaran yang digunakan untuk mencetak data/informasi dari komputer dengan kertas.
Beberapa Jenis Printer antara lain adalah:
1.   Printer Dot Matrik yaitu: Terbuat dari potongan baja yang akan mengenai kertas lewat pita bertinta untuk membentuk pola titik-titik kecil yang bergabung untuk mencetak grafis atau teks.
2.   Printer Ink jet yaitu : Mencetak gambar atau karakter dengan moncong kecil yang dapat memancarkan tinta pada kertas.
3.   Printer Laser yaitu: Menggunkan sinar laser untuk mengubah data biner menjadi cetakan.
Beberapa merek printer antara lain: Epson, HP, Canon, dll.
c.  Speaker
      Yaitu peralatan output untuk menghasilkan atau mengeluarkan efek suara dari komputer.
      Beberapa merek speaker antara lain: Simbada, Altec, dll.
 
* Software *

- Sistem Operasi 
Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program aplikasi boot diri.

- Aplikasi

Aplikasi menurut Jogiyanto(1999:12), adalah penggunaan dalam suatu komputer,instruksi (instructiom) atau pernyataan (statement) yang disusun sedemikian rupasehingga komputer dapat memproses input menjadi output .

Menurut Kamus Kamus Besar Bahasa Indonesia (1998 : 52), “Aplikasi adalahpenerapan dari rancang sistem untuk mengolah data yang menggunakan aturan atauketentuan bahasa pemrograman tertentu”.Aplikasi adalah suatu program komputer yang dibuat untuk mengerjakan danmelaksanakan tugas khusus dari pengguna. Aplikasi merupakan rangkaian kegiatan atauperintah untuk dieksekusi oleh komputer.Program merupakan kumpulan instruction set 
yang akan dijalankan olehpemroses, yaitu berupa software. Bagaimana sebuah sistem komputer berpikir diatur olehprogram ini. Program inilah yang mengendalikan semua aktifitas yang ada padapemroses. Program berisi konstruksi logika yang dibuat oleh manusia, dan sudahditerjemahkan ke dalam bahasa mesin sesuai dengan format yang ada pada instructionset . Program aplikasi merupakan program siap pakai. Program yang direka untuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna atau aplikasi yang lain. Contoh-contoh aplikasiialah program pemproses kata dan Web Browser. Aplikasi akan menggunakan sistemoperasi (OS) komputer dan aplikasi yang lainnya yang mendukung.Istilah ini mulai perlahan masuk ke dalam istilah Teknologi Informasi semenjak tahun 1993, yang biasanya juga disingkat dengan app. Secara historis, aplikasi adalahsoftware yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan. App adalah sofware yang dibeliperusahaan dari tempat pembuatnya. Industri PC tampaknya menciptakan istilah ini untuk merefleksikan medan pertempuran persaingan yang baru, yang paralel dengan yangterjadi antar sistem operasi yang dimunculkan .

* Peranan peralatan input, output dan perangkat lunak dalam  pemecahan  masalah. *
Semua alat input dan output dapat berkontribusi pada pemecahan masalah baik secara langsung dan tidak langsung.  Contoh: keyboard , display, printer dan plotter (berperan langsung),  source data automation device, microfilm (berperan tidak langsung).
Seperti halnya perangkat keras, perangkat lunak dapat juga berperan langsung atau tidak langsung. Contoh: sistem operasi (berperan tidak langsung), aplikasi bisnis umum dan industri (berperan tidak langsung), sebagian perangkat lunak aplikasi peningkatan produktivitas organisasi perorangan (berperan tidak langsung), spreadsheet, analisis statistik dan perkiraan, manajemen proyek (berperan langsung).

0 Response to "Dasar-dasar Pemrosesan Komputer"

Posting Komentar

Powered by Blogger