Serba Serbi Linux



Siapa yang belum tahu Mandriva Linux? Siapa yang belum tahu Open Suse? Siapa yang belum tahu Red Hat? Bagi orang yang biasa berkecimpung di dunia komputer, khususnya Linux, maka nama-nama itu sudah tidak asing lagi di telinga. Namun tahukah Anda bahwa sebenarnya, Linux memiliki sejarah yang cukup panjang perjalanannya?

UNIX merupakan salah satu sistem operasi yang mengawali lahirnya Linux ke dunia ini. UNIX merupakan salah satu sistem operasi yang ada saat ini. Adapun UNIX merupakan salah satu sistem operasi populer selain keluarga raksasa Microsoft (mulai dari DOS, MS 9x sampai Vista), Novell, OS/2, BeOS, MacOS dan lainnya.

Sejarah kemunculan UNIX dimulai pada tahun 1965 ketika para ahli dari Bell Labs, sebuah laboratorium milik AT&T, bekerja sama dengan MIT dan General Electric membuat sistem operasi bernama Multics(sudah pernah dengar belum?). Nah, sistem operasi Multics ini awalnya didesain dengan harapan akan menciptakan beberapa keunggulan, seperti multiuser, multiprosesor, dan multilevel filesystem. Namun pada tahun 1969, AT&T akhirnya menghentikan proyek pembuatan Multics karena sistem operasi Multics ini sudah tidak memenuhi tujuan semula. Dengan kata lain, proyek ini mengalami hambatan karena dalam kenyataannya Multics banyak terdapat bugs dan sulit sekali dioperasikan.

Beberapa programmer Bell Labs yang terlibat dalam pembuatan dan pengembangan Multics, yaitu Ken Thompson, Dennis Ritchie, Rudd Canaday, dan Doug Mcllroy, secara tidak resmi tetap meneruskan proyek pengembangan Multics. Dan akhirnya sampailah pada sebuah sistem operasi generasi penerus dari Multics bulan Januari 1970 yang diberi nama UNIX.

Adapun generasi baru Multics ini memiliki lebih banyak keuggulan dibandingkan saudara tuanya. Nama UNIX diberikan oleh Brian Kernighan untuk memberi penegasan bahwa UNIX bukanlah Multics (tidak sama). UNIX akhirnya memiliki keunggulan seperti yang diharapkan pada awal penciptaannya. Yaitu:

1. Multilevel Filesystem

2. Multiuser dan Multiprosesor

3. Desain arsitektur yang independen terhadap suatu hardware

4. Berbagai device dapat dianggap sebagai file khusus

5. Memiliki user interface yang sederhana

6. Cocok untuk lingkungan pemrograman

7. Memiliki utilitas yang dapat saling digabungkan

Setahun setelahnya, UNIX dapat dijalankan pada komputer PDP-11 yang memiliki memory 16 KB dan sebuah disk berukuran 512 KB. Pada waktu itu source codenya UNIX masih ditulis dalam bahasa mesin (assembler). Kemudian pada tahun 1973, source code UNIX ditulis ulang dalam bahasa C yang dibuat oleh Dennis Ritchie.

Tujuan Mr. Ritchie mengubah source code UNIX ke dalam bahasa C tak lain dan tak bukan karena bahasa C didesain multiplatform dan bersifat fleksibel. Dengan dirubahnya source code ke dalam bahasa C, maka UNIX dapat dikembangkan dan dikompilasi ulang ke berbagai jenis komputer. Sejak saat itu dibuatlah berbagai macam varian UNIX yang sengaja didesain untuk jenis komputer tertentu.

Setahun kemudian, karena merasa UNIX sudah cukup matang, maka Thompson dan Ritchie mempublikasikan sebuah paper tentang UNIX. Ternyata UNIX mendapat sambutan yang sangat luar biasa dari lingkungan perguruan tinggi. Dan UNIX lah yang menjadi sistem operasi favorit di lingkungan perguruan tinggi.

Awalnya, sistem operasi UNIX ini didistribusikan secara gratis di dunia pendidikan, namun setelah banyak digunakan oleh korporasi industri dan bisnis (karena kehandalannya menangani bidang jaringan (networking), UNIX akhirnya diperdagangkan dan dipatenkan). Dalam perkembangan selanjutnya, UNIX dan varian-variannya yang dikomersialkan menjadi suatu sistem operasi yang cukup mahal pada saat itu(namun ada beberapa yang gratis karena dikembangkan dengan semangat openSource), hal ini disebabkan karena kestabilan, mampu mengerjakan program multitasking dan dapat digunakan oleh beberapa user secara bersamaan.

Adapun varian UNIX yang dikomersialkan dan populer karena kehandalannya seperti BSD 4.1 (1980), SunOS, BSD 4.2, SysV(1983), UnixWare dan Solaris 2(1988), dan lainnya. Dan yang dikembangkan dengan semangat openSource atau free diantaranya: FreeBSD, OpenBSD, NetBSD, Mnix, Hurd

Dari tadi ngomongin UNIX mulu, Linuxnya di mana? Oke, oke. Kita mulaiĆ¢€¦..

Kenal Linus Torvalds kan? Linus dilahirkan di Helsinki, Finlandia pada tanggal 28 Desember 1969. Orang yang disebut sebagai Bapak Linux(LINus UniX) ini, sudah mengenal bahasa pemrograman pada umurnya yang ke 10. Saat itu ia sering mengutak-atik komputer kakeknya, Commodore VIC-20. Karena hobinya dalam dunia komputing, 1988 Linus diterima di Univerity of Helsinki dan pada tahun 1990, Linus memulai kelas pemrograman C pertamanya. Pada tahun 1991, Linus tidak puas terhadap sistem operasi yang ada pada PC pertamanya (MS-DOS atau Disk Operation System), OS buatan Microsoft.

Linus lebih cenderung untuk menggunakan sistem operasi UNIX seperti yang dipakai komputer milik universitasnya. Akhirnya ia mengganti sistem operasi openSource Minix yang berbasiskan UNIX. Adapun Minix ini merupakan sistem UNIX kecil yang dikembangkan oleh Andrew S. Tanenbaum, seorang professor yang menggeluti penelitian masalah OS dari Vrije Universiteit, Belanda. Adapun Minix ini digunakan untuk keperluan pengajaran dan pendidikan.

Namun Linus merasa bahwa Minix masih memiliki banyak kelemahan. Dan mulai saat itu, di usianya yang ke-23, Linus mulai mengutak-atik kernel Minix. Dan ia mulai mengembangkan sistem yang kompatibel dengan IBM PC. Pada bulan Agustus 1991, lahirlah Linux 0.01 hasil oprekan Linus, dan pada tanggal 5 Oktober 1991, secara resmi Linus mengumumkan Linux 0.02 yang hanya dapat menjalankan BASH dan gcc compiler. Selain itu, Linus juga mempublikasikan sistem operasi buatannya tersebut lengkap dengan source codenya, yang ternyata disambut dengan sangat antusias oleh para programmer dan developer di seluruh dunia agar dapat di develop bersama-sama.

Sampai saat ini, Linux dibangun oleh berbagai macam komunitas dan jangan heran apabila banyak sekali distro-distro Linux yang beredar. Mulai dari yang berbayar sampai yang gratis, dari untuk pemula sampai tingkat lanjut, dan biasanya dengan banyaknya distro Linux yang beredar akan membuat orang awam bingung untuk memilih distro. Bayangkan, ada beratus-ratus distro yang tercipta atau bahkan beribu-ribu. Namun perlahan tapi pasti, diantara distro-distro Linux ini ada yang menyamai (atau bahkan) melebihi kemampuan dari Sistem Operasi keluarga raksasa (Microsoft) dan dengan semakin mudahnya dan semakin lengkapnya dukungan Linux pada hardware, besar kemungkinan Linux akan menjadi alternatif (atau bahkan sistem operasi utama di dunia).

Referensi:

  • Sofana, Iwan. 2006. Mudah Belajar Linux. Bandung: Informatika
  • http://www.thinkgeek.com/books/nonfiction/38b2/
  • http://www.softpanorama.org/People/Torvalds/linus_finland_period.shtml
  • http://www.thocp.net/biographies/torvalds_linus.html


Source : Written by Ronald at http://www.dan-web.blogspot.co
 

LINUX

Jenis-jenis LINUX, kelebihan & kekurangan LINUX




Linux merupakan Operating System yang bertipe Unix “OS yg kompatibel dengan Unix”. Linux memiliki jenis dan versi yang berbeda-beda dan terus berkembang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pengguna Linux. Terdapat banyak kelebihan2 yg dimiliki linux dalam penggunaanya. So mau pake yg mana itu semua terserah,


Ada beberapa distribusi Linux (distro) yang saya ketahui, diantaranya yaitu :
PCLinuxOS
PCLinuxOS adalah satu Sistem Operasi Open Source. PCLinuxOS juga suatu distribusi GNU/Linux, itu berdasar pada kernel Linux menggunakan GNU toolset. PCLinuxOS salah satu dari penyedia-penyedia dunia yang sedang naik bintang karena userfriendly pada desktop.

Debian
Debian format paket programnya yang menggunakan DEB dianggap lebih stabil dari pada RPM. Debian juga sudah menggunakan metode autodetect untuk penggunaan peripheral pada komputer.

Redhat 
Redhat diakui sebagai server tercepat dibandingkan dengan linux server lainnya. Selain sebagai server tercepat, Redhat juga dapat digunakan sebagai client maupun sebagai PC desktop/PC standolone. Saat ini redhat sudah beredar dengan versi 9.0 yang dapat menggunakan desktop Genome dan juga KDE.

Caldera
Caldera merupakan jenis linux yang pertama yang menggunakan Auto-Detect Hardware ( seperti plug and play pada Mac)

Slackware 
Slackware adalah distribusi linux yang pertama yang merupakan distribusi linux yang murni, kalo ga salah linux tertua n hampir menyamai Unix dalam penggunaannya.

Suse
SuSE Linux dilengkapi dengan Desktop Manager yang dikenal dengan KDE. SuSE adalah jenis Linux pertama yang menyertakan bahasa Indonesia dan pilihan bahasa yang digunakan dalam sistem Operasi Linux.

Corel 
Corel Linux dirancang sebagai end-User. Pada Corel Linux semuaya serba grafis, dimulai pada saat prosedur Instalasi hingga boot sistem

Turbo
Turbo Linux dibuat dari berbagai under Linux/UNIX. Turbo Linux mengkhususkan diri di bidang clustering computer.

Mandriva
Mandriva Linux yg sebelumnya bernama Mandrakelinux atau Mandrake Linux merupakan suatu distribusi Linux yang diciptakan oleh Mandriva. Itu menggunakan RPM Package Manager. Bila redhat direkomendasikan sebagai server, maka mandrake dijadikan sebagai client yang handal. Tujuan awal dari diciptakannya Mandrake Linux adalah untuk mempermudah penggunanya dalam melakukan installasi dan penggunaan Linux itu sendiri. Sebelum keluarnya Corel Linux, Mandrake merupakan distribusi linux yang paling familiar. Jika Redhat keluar desktop manager menggunakan Gnome, maka inux Mandrake keluar dengan desktop manager KDE buatan SuSE Jerman

Ubuntu
Ubuntu Linux hadir dalam 2 versi yaitu versi LiveCD dan versi Install. Anda bisa memakai versi LiveCD kalau anda tidak ingin menginstallnya kedalam Komputer.

Kelebihan2 Linux secara umum 
• Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka alias tidak ada biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
• Linux dengan tampilan visual yg memudahkan dalam penggunaannya. Efek 3D dimensi untuk desktop pun sudah bisa dinikmati.
• Linux memiliki aplikasi yg lengkap dan terus dikembangkan “ aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat di Linux”
• Linux memliki keamanan yg sangat baik. “Dah coba sebagai server “Suse”
• Linux relatif stabil “Kata temen yg menggunakan Slackware”
• Penggunaan Linux hanya memerlukan komponen komputer yg kecil dengan kata lain computer yg “Jadul” pun bisa dipakai.
Kekurangan Linux
Sistem Operasi yang digunakan sama sekali berbeda dengan Windows (maklum kalah cepet lahir nya..)sehinga perlu waktu dan tenaga ekstra untuk belajar menggunakannya.
Penggunakan WYSWYG(What You See is What you Get) belum bisa berjalan secara menyeluruh, sehingga diperlukan trik tersendiri untuk menggunakannya.
Awan gelap dan masa depan yang cerah

Kesuksesan pertumbuhan sistem gratis Linux di area server membawa sebuah saga tampaknya tidak pernah berakhir: Pertempuran hukum antara SCO dan dunia Linux terjadi. Kisah SCO yang agak aneh. Vendor versi Unix komersial untuk PC x86 tersebut telah diambil alih oleh distributor Linux Caldera pada tahun 2000. Bahkan sebelum pergantian milenium, Linux telah mulai menggigit ke pangsa pasar varian Unix komersial itu, dan akibatnya bisnis SCO's Unix memburuk.

Distributor Linux yang berpengalaman tampaknya menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk menaklukkan pasar Enterprise Linux. Namun bagi SCO, reorganisi, kerugian, redundansi dan kurangnya kejelasan tentang bagaimana mengawinkan OpenServer SCO dan lini produk Caldera OpenLinux membuat Caldera semakin jatuh tertinggal jauh di belakang pesaingnya seperti Red Hat yang secara konsisten berfokus pada pengembangan Linux dan kode open source. Dua tahun setelah pengambilalihan, Caldera berubah nama menjadi SCO Group, dan setengah tahun kemudian perusahaan beralih dari bisnis Linux menjadi bisnis infringement.

Pada musim semi 2003, Grup SCO menggugat IBM sebesar $1 miliar sebagai akibat kerugian. Tuduhan utamanya adalah bahwa IBM telah diduga mempromosikan Linux dan dalam melakukannya, tidak hanya mencuri kekayaan intelektual SCO tetapi juga membantu sistem operasi bebas tersebut untuk menjadi pesaing utama Unix di urutan pertama. Apa yang dapat dilihat adalah sebuah ancaman dan bukti dugaan, penundaan disebabkan oleh serangkaian gerakan baru pengadilan dan tuntutan terhadap pengguna Linux dan distributor Red Hat serta Novell - sengketa dengan Novell berkisar pada hak cipta untuk Unix, yang diklaim baik oleh SCO maupun oleh Novell dan membentuk dasar dari semua keluhan SCO lainnya. Tahun lalu, pengadilan memutuskan bahwa Novell adalah pemegang hak cipta untuk Unix yag relevan, dan tampaknya menjadi batas akhirnya bagi Grup SCO untuk dinyatakan bangkrut selamanya...

Kampanye hukum SCO terhadap Linux membuat hal-hal yang memudahkan Microsoft. Pertama, pencemaran nama baik Linux dan open source sebagai "pekerjaan setan" digantikan oleh argumen seperti administrasi yang lebih mudah dan Total Biaya Kepemilikan (TCO) yang lebih rendah dari Windows. Sejak tahun 2004, Microsoft mengeksploitasi ketidakpastian hukum yang disebabkan oleh tuntutan hukum SCO itu dan memainkan kartu "keamanan hukum yang lebih tinggi" sebagai kampanye hitam. Sugesti bahwa Linux berpotensi melanggar hak paten Microsoft yang disebabkan ketidakamanan hukum di banyak pasar hingga pada tahun 2005, IBM, NEC, Novell, Philips, Sony dan Red Hat mendirikan Open Invention Network untuk menangkal serangan paten di Linux. Namun demikian, vendor yang menjual perangkat seperti smartphone Android tetap harus membayar biaya lisensi untuk Microsoft sampai hari ini. Saat ini, bagaimanapun persaingan di pasar smartphone umumnya cenderung lebih kepada paten, hak cipta, tuntutan hukum dan keluhan persaingan daripada tentang teknologi.

Pada tahun 2006, Microsoft memang mengakui pentingnya Linux di pasar TI: Kerjasama dengan Novell telah mengubah Microsoft menjadi distributor Linux yang sangat berhasil menawarkan pada pelanggan SUSE Linux Enterprise Server. Sejak 2009, Microsoft juga telah berada di antara perusahaan yang bersama-sama mengembangkan kernel Linux - dan baru-baru ini bahkan menyajikan video ucapan selamat ulang tahun kedua puluh.

Linux Foundation yang didirikan dari penggabungan Open Source Development Lab (OSDL) dan Free Standards Group, telah difokuskan pada penguatan posisi kompetitif Linux sejak tahun 2007. Yayasan yang anggotanya mencakup hampir semua perusahaan yang terkaitan dengan Linux dalam berbagai hal, terlihat setelah Linux Standard Base (LSB) membayar pengembang utama seperti Linus Torvalds dan menangani perlindungan merek dagang Linux. Akhirnya, Linux Foundation menawarkan sebuah platform netral yang memungkinkan bahkan perusahaan pesaing pasar untuk bekerja sama - dalam cara yang mirip dengan bagaimana mereka bekerja sama dalam pengembangan kernel.

Dirilis beberapa minggu lalu, kernel terbaru saat ini versi 3.0 sepenuhnya sejalan dengan tradisi kemajuan yang mantap, yang diperkenalkan dengan Linux 2.6: Tidak ada perbedaan lagi antara yang baru dengan pendahulunya - Linux 2.6.39 - dari ada antara dua versi lain 2.6.x. Linux 3.0 hanyalah nama lain untuk kernel versi 2.6.40 yang telah dijadwalkan sejak semula. Perubahan terbesar di Linux 3.0 adalah, skema penomoran dua digit: Kernel versi 3.0 akan diikuti oleh versi 3.1 dan kernel pengembangan akan ditandai dengan kode RC dibelakangnya.

Dan bagaimana dengan ide dominasi dunia yang dilontarkan Linus Torvalds beberapa tahun lalu, ketika Linux masih menjadi proyek hacker eksotis? di sebuah wilayah di mana keberhasilan Torvalds diharapkan pada kemungkinan besar - pada (desktop) PC -, Linux terus melayani permintaan pasar. Cerita ini berbeda di pusat data: Di area ini, sistem operasi bebas telah sejak lama sama pentingnya dengan Windows dan varian Unix komersial. Dalam komputasi kinerja tinggi, Linux jelas mendominasi pasar, dan tidaklah mungkin mantan PC Unix ini dihindari di dunia internet - dari Google dan eBay hingga Facebook - serta di lingkungan awan. Dengan Android, Linux diposisikan dengan baik di pasar smartphone dan tablet.

Linux telah dibuat populer dengan gagasan bahwa pihak yang berkepentingan dapat menggunakan proses yang terbuka untuk bersama-sama mengembangkan perangkat lunak, dan itu telah membuktikan bahwa pendekatan ini tidak hanya bekerja, tetapi bahkan menawarkan keuntungan nyata saat digunakan untuk proyek-proyek besar seperti kernel Linux. Sebagian besar dari booming perangkat lunak open source yang sudah ada sejak pergantian milenium mungkin akan diturunkan pada keberhasilan sistem operasi bebas.

Fleksibilitas memungkinkan Linux untuk beradaptasi dengan perkembangan baru, yang selanjutnya akan mengubah dunia TI di tahun-tahun mendatang. Mengutip CEO Red Hat Jim Whitehurst yang baru-baru ini mengungkapkannya ketika berbicara tentang ulang tahun kedua puluh di LinuxCon: "The power we provide is what we enable them to do with the technology". Dengan pemikiran ini: Sejak sekarang untuk dua puluh tahun mendatang.

0 Response to "Serba Serbi Linux"

Posting Komentar

Powered by Blogger